Pertimbangan Sistem Informasi


Sistem informasi yang baik dengan melihat beberapa faktor:

1.     Ketersediaan (availability): ini menyangkut ketersediaan data dan tempatnya dimana.  Apakah data tersebut ada?
2.     Kualitas (quality): ini menyangkut kualitas data yang akan digunakan.  SIG bukanlah segala-galanya. SIG tidak akan mampu menghasilkan informasi yang baik apabila menggunakan data dengan kualitas yang rendah.  Kita mengenal istilah ”Garbage in – garbage out”. Apakah kualitas datanya dapat dipercaya?
3.     Koherensi (Coherence): Ini sangat berkaitan dengan apakah data yang digunakan match dengan data lainnya.  Apakah data tersebut sesuai atau cocok dengan data lainnya.
4.     Standardisasi  (standardisation): Apakah data yang digunakan memenuhi standar? Ini sangat terkait dengan kompatibilitas data yang digunaan dengan data lainnya.
5.     Aksesibilitas (accessibility): ini sangat berkait dengan kemudahan kita mengakses data yang ada. Apakah data tersebut dapat kita dapatan? Atau apakah data tersebut dapat kita sediakan? 
SIG pada saat ini tidak sekadar komputerisasi dari cara-cara tradisional menjadi cara-cara modern.  SIG ini akan merupakan katalisator atau stimulus dari setiap kemajuan informasi.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...