Sistem Informasi Geografis sebagai Ilmu Pengetahuan

Sejalan dengan perkembangan waktu dan ilmu pengetahuan itu sendiri, GIS saat ini mulai diinterpretasikan sebagai singkatan dari Geographic Information Science (GIScience). Istilah ini diperkenalkan oleh Bettinger dan Wing, 2004). GIScience ini mencakup identifikasi dan studi tentang hal-hal atau isu yg terkait dengan pemanfaatan SIG, yg mempengaruhi implementasinya dan muncul dari aplikasinya (Goodchild, 1992)
GIScience ini tidak hanya mendorong pengguna unuk memahami manfaat dari teknologi SIG itu sendiri tetapi sekaligus mendorong pengguna untuk melihat teknologi SIG ini sebagai suatu bagian integral dari disiplin ilmu yang lebih luas, yang memajukan pemikiran-pemikiran geografis serta strategi pemecahan masalah sehingga berguna bagi masyarakat.
“GIScience is not only encourage users to understand the benefit of GIS technology but also encourages users to view the technology as part of a broader discipline that promotes geographic thinking and problem solving strategies as being useful to society (Bettinger and Wing 2004)”
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...